BURSA INOVASI DESA, AJANG PERTUKARAN PENGETAHUAN & PENYEBARLUASAN KEGIATAN INOVATIF ANTAR DESA


  Minggu, 10 September 2017 BERITA

BURSA INOVASI DESA SEBAGAI AJANG PERTUKARAN PENGETAHUAN DAN

PENYEBARLUASAN KEGIATAN INOVATIF ANTAR DESA

(Oleh : Dian Mentari Alam)

 

Pelaksanaan BURSA INOVASI DESA dilaksanakan 23 Agustus 2017 di GOR Gemilang, Komplek Kantor  Bupati, Jalan Soekarno Hatta, Pasuruhan, Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh Kementerian Keuangan, Bappenas dan Satker Provinsi Jawa Tengah dan SKPD terkait (PMD, Bappeda, Kesehatan, Pariwisata, Kependudukan, Pertanian dan Tanaman Pangan, Perindustrian, Tenaga kerja dan Transmigrasi.

 

Pengunjung bursa inovasi desa maksimal 150 orang, terdiri dari 35 desa (@ 3 orang terdiri dari Kepala Desa, Ketua BPD dan LKMD/tokoh masyarakat), TIK (Tim Inovasi kabupaten) dan panitia sebanyak 20 orang, SKPD terkait.PD/PLD (Pendamping Desa/Lokal Desa), TA P3MD Kabupaten, dan tamu undangan. Sebelum pembukaan kegiatan, diselingi dengan slide kalimat-kalimat penyemangat :

Desa itu sumber inovasi, bisa menjadi laboratorium tempat belajar, dimana ada kemauan disitu ada jalan, mari belajar dari ahlinya di desa! Rekam, sebar, tiru dan maju, pengetahuan itu aset, bisa membuat kita maju dan bisa memajukan desa. Mari kelola dan kembangkan bersama-sama. Maju itu adalah hak segala desa, bisa dicapai dan dipelajari dari kemajuan desa lain, bahkan dari desa tetangga, tuntutlah ilmu sampai ke desa seberang.

Dibuka dengan tarian "Makaryo Bebarengan" dari sanggar tari arumsari dan pemutaran film Jelajah Inovasi, mewakili bidang SDM, diantaranya :

(1) Pembagian Sasaran Posyandu Randu I, Desa Kuripan Selatan, Kab.Lombok Barat, NTB

(2) Revitalisasi PAUD di Desa Teratak, Dusun Kabar, Kec. Batukliang Utara, Kab.Lombok Tengah, NTB

(3) Pengelolaan sumber air melalui konservasi hutan berbasis kearifan lokal di Desa Genggelang, Kec. Gangga, Kab.Lombok Utara, NTB

(4) Pengelolaan dan pengelolaan sarana olahraga desa di Desa Sesela, Kab. Lombok Barat, NTB

(5) Pijar semangat di sekolah tanpa dinding Dusun Lekong Pulut, Desa Mekarsari, Suela, Kab.Lombok Timur

(6) Kereta Gantung untuk menghemat waktu dan ongkos angkut bahan makanan di Desa Torean, Dusun Loloan, Bayan, Lombok Tengah

 

Pelaksanaan bursa terdiri dari 3 (tiga) jendela yaitu ruang pleno, bursa A dan B dan penukaran kartu komitmen dan ide inovasi. Bursa A (Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia) berisi 22 ide inovasi yang sedangkan Bursa B (Bidang Infrastruktur dan Kewirausahaan) berisi 16 ide inovasi. Kegiatan bursa inovasi desa merupakan belanja kegiatan dari ide-ide inovasi, bukan dalam bentuk pameran peralatan atau barang.

 

Pelaksanaan uji coba Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan event  besar yang  akan dilaksanakan oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK) didukung oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID). BID di Magelang sebagai percontohan untuk daerah lain, ajang pertukaran pengetahuan dan penyebarluasan kegiatan inovatif antar desa melalui video, brosur, leaflet, standing banner dan dokumen pembelajaran yang telah dikumpulkan. BID memberikan inspirasi bagi penyelenggaraan pembangunan di desa untuk mengoptimalisasi penggunaan dana desa yang selama ini lebih ke pembangunan infrastruktur, sehingga kegiatan pemberdayaan masyarakat akan terwujud dan memberikan manfaat jangka panjang.