LAGU “MARS DESA” DAN “MARS TRANSMIGRASI” PENGGUGAH SEMANGAT BAGI PESERTA PELATIHAN MASARAKAT


  Jumat, 10 Nopember 2017 ARTIKEL

(Oleh : Dra. Sunariyah)

Pagi hari menjelang masuk jam pelajaran satu persatu peserta mulai berdatangan menempatkan diri diruangan Balai pertemuan. Terdengar suara menggema Video  lagu Mars Desa

Kini saatnya bagi kaum muda…………………………!

Penuhi panggilan tugas mulia ………………………..!

Singsingkan lengan baju untuk Nusa ……………..!

Berkarya bagi tanah air tercinta …………………...! dst

 

Sambil melangkah masuk ke dalam ruangan para peserta, para panitia, para pelatih dengan terbata-bata mengikuti syair dan irama semangatnya lagu Mars tersebut. Karena mars itu cepat dan semangat, sehingga agak terseret-seret. Namun semua terliat ceria dan gembira. Pemanasan pagi cukup untuk mengeluarkan energy positip……, sebelum memulai materi pelajaran

Menyesuaikan diri” tidaklah semudah membalikkan tangan, begitu kata pepatah mengatakannya. Sudah semenjak tahun 2015 nomenklatur Balai Besar Pengembangan Latihan Ketransmigrasian berubah menjadi Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat. Seiring dengan hal tersebut maka kelompok sasaran pelatihan menjadi lebih luas,  tidak hanya calon transmigran dan transmigran saja, namun termasuk  masyarakat Desa.  Jenis pelatihannya pun bertambah diantaranya; pelatihan pengembangan Badan Usaha Milk Desa (BUM Desa), pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) dan pelatihan-pelatihan lain untuk mendukung  Unit  Kerja Eselon I (UKE I), di lingkungan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi. Bentuk pelatihannya lebih bersifat klasikal. Sebelumnya kami hanya  mengenal lagu “MARS TRANSMIGRASI” sekarang telah mengenal lagu “MARS DESA”.   

Kedua buah lagu tersebut sangat menggugah semangat peserta pelatihan, sehingga sering diputar sebagai Ice Breaking pada saat peserta mulai jenuh. Hal itu sekaligus menambah motivasi bagi peserta karena isi dari syair lagunya mengandung makna yang sangat mulia untuk membangun Desa. Untuk lagu Mars Transmigrasi semua pelatih (PSM; Penggerak Swadaya Masyarakat) sudah sangat hafal dan familier karena sudah puluhan tahun sering dinyanyikan, pada setiap pelatihan bagi Calon Transmigran maupun pelatihan teknis lanjutan di lokasi transmigrasi. Sedangkan untuk lagu Mars Desa baru proses mengenali sehingga perlu waktu untuk menghafalkan syairnya.

Penciptaan kedua lagu tersebut pasti tidaklah mudah, tentu diperlukan waktu dan pemkiran yang tinggi untuk menentukan syair serta irama yang pas. Dengan itu kita patut berbangga hati karena Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi memiliki kedua lagu Mars tersebut, karena tidak semua kementerian punya lagu Mars.

Untuk lebih memasyarakatkan lagu Mars Desa dan Mars transmigrasi dapat di putar saat-saat yang tepat dalam pertemuan / event yang sesuai, sebagai contoh Mars Transmigrasi diputar saat penutupan pelatihan Calon Transmigran. Lagu Mars Desa diputar saat penutupan pelatihan KPMD atau Pelatihan BUMDES. Hal ini baik juga agar Bapak/Ibu Pejabat di lingkungan Kemendes, PDT dan Transmigrasi mengenal dan mengahafal. Demikian semoga lagu Mars Desa dan Lagu Mars Transmigrasi dapat lebih berkumandang. Selamat berjuang membangun Desa……………….!